Jumat, 20 Januari 2012

Teknologi COMPACT DISC (CD)


CD (Compact Disc) ada di mana-mana hari ini. Apakah mereka digunakan untuk menyimpan musik, data atau Program komputer, mereka telah menjadi media standar untuk mendistribusikan sejumlah besar informasi dalam paket yang dapat diandalkan. Dan jika Anda memiliki komputer dan CD-R drive, Anda dapat membuat CD Anda sendiri, termasuk setiap informasi yang Anda inginkan.
Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana CD dan CD drive bekerja. Kami juga akan melihat berbagai bentuk CD, serta apa masa depan untuk teknologi ini.
Bahan Pembentuk
CD adalah sepotong dari plastic yang cukup sederhana, dengan ketebalan sekitar empat satu per seratus (4 / 100) inci (1,2 mm). Sebagian besar CD terbuati dari potongan cetakan plastik injeksi polikarbonat yang Transparan. Selama pembuatan, plastik ini telihat dengan gundukan mikroskopis yang diatur sebagai jalur tunggal secara terus menerusberbentuk spiral sepanjang data yang tersimpan. Setelah potongan transparan dari polikarbonat dibentuk, lapisan aluminium tipis yang bersifat reflektif disatukan diatas disk, yang menutupi seluruh gundukan. Kemudian lapisan akrilik tipis disemprotkan ke alumunium untuk melindunginya. Label ini kemudian dicetak diatas lapisan akrilik. Sebuah penampang CD lengkap terlihat seperti ini:

CD  memiliki satu track data yang berbentuk spiral, mengitari dari bagian dalam disc ke luar. Fakta bahwa spiral track mulai pada pusat berarti bahwa CD dapat lebih kecil dari 4,8 inci (12 cm) jika diinginkan.
Dari gambar tidak terkesan kepada Anda adalah bagaimana menuliskan track data yang mempunyai lebar sekitar 0,5 mikron, dengan 1,6 mikron yang memisahkan satu track dengan track berikutnya dan mempunyai ketinggian 125 nanometer. Dimensi  dari sangat kecil dari benjolan membuat spiral track pada CD yang sangat panjang. Jika Anda bisa mengangkat track data dari CD dan peregangan itu keluar ke garis lurus, itu akan menjadi 0,5 mikron luas dan hampir 3,5 mil (5 km) panjangnya!

CD dapat menyimpan hingga 74 menit musik, sehingga jumlah total data digital yang dapat disimpan pada CD adalah:
44.100 sampel / saluran / detik x 2 byte / sampel x 2 saluran x 74 menit x 60 detik / menit = 783.216.000 byte

Memahami CD
Benjolan memanjang yang membentuk melacak masing-masing 0,5 mikron lebar, minimal 0,83 mikron dan panjang 125 nanometer tinggi. (. Nanometer adalah sepermilyar meter) Melihat melalui lapisan polycarbonate di gundukan, mereka terlihat seperti ini:
Anda akan sering membaca tentang "lubang" di CD, bukan dari benjolan. Mereka muncul sebagai lubang-lubang pada sisi aluminium, tetapi di samping laser membaca dari, mereka benjolan.
Dimensi sangat kecil dari benjolan membuat spiral track pada CD yang sangat panjang. Jika Anda bisa mengangkat track data dari CD dan peregangan itu keluar ke garis lurus, itu akan menjadi 0,5 mikron luas dan hampir 3,5 mil (5 km) panjang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar